Gaji Tukang Parkir Pesawat

Mizuhocbk – Marshaller merupakan sebutan untuk orang yang berprofesi sebagai jurusan parkir pesawat terbang. Gaji tukang parkir pesawat ini jumlahnya tidak main-main, pasalnya pekerjaan satu ini bukan sebuah profesi yang sepele dan tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Tukang parkir pesawat sangat jauh berbeda dengan tukang parkir kendaraan pada umumnya.

Jumlah gaji jurusan parkir pesawat terbang memang terbilang fantastis, karena risiko yang ditanggung juga cukup berat. Juru parkir pesawat harus mengarahkan pilot pesawat terbang ke lokasi yang aman. 

Mengenal Profesi Marshaller

Mengenal-Profesi-Marshaller

Berprofesi sebagai Marshaller atau tukang parkir pesawat terbang, bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan. Diperlukan keahlian dan kehati-hatian dalam mengarahkan pilot untuk membawa pesawat menuju tempat parkir yang telah ditentukan dengan aman. 

Oleh karenanya, para tukang parkir pesawat harus memiliki kemampuan yang baik memberikan arahan, karena mereka berkoordinasi secara langsung dengan pilot pesawat. 

Seorang tukang parkir pesawat harus mengutamakan keselamatan setiap penumpang yang ada di dalam pesawat dan dirinya sendiri saat melaksanakan pekerjaannya. 

Dengan tanggung jawab yang begitu tinggi, tentunya tidak sepantasnya jika gaji yang mereka dapat jauh di bawah layak. Justru mereka berhak mendapatkan timbal balik jasa yang sepadan dengan beban kerja yang mereka pikul. 

Tugas Tukang Parkir Pesawat

Tugas-Tukang-Parkir-Pesawat-scaled

Secara umum tugas tukang parkir pesawat yaitu membantu mengarahkan pesawat agar menuju tempat parkir yang telah ditentukan dengan aman. Para tukang parkir pesawat akan melakukan gerakan tubuh sebagai isyarat kepada pilot. 

Untuk melewati jalur yang aman dan bebas dari benda-benda penghalang, yang akan mengganggu laju pesawat saat menuju lokasi parkir yang sudah disediakan. 

Bahkan saat kondisi sedang hujan deras pun, tukang parkir pesawat akan tetap menjalankan tugasnya memastikan pesawat berada di tempat yang aman. 

Saat menjalankan tugasnya tersebut, para tukang parkir pesawat akan dilengkapi dengan peralatan pendukung dan pelindung yang di antaranya adalah: 

  • Tongkat LED untuk memberikan sinyal
  • Jaket neon agar terlihat jelas saat malam hari
  • Penutup telinga agar pendengar mereka tidak terganggu dengan suara bisingnya pesawat
  • Sepatu safety yang memiliki ujung besi

Ketika pesawat telah mendarat di bandara, pilot akan menghubungi pusat pengendali di bandara. Lalu teknisi perawatan akan menginformasikan kepada juru parkir pesawat jika ada pesawat yang datang untuk parkir.

Setiap harinya, seorang juru parkir pesawat setidaknya akan membantu memarkirkan pesawat sebanyak 5 kali, dengan total jam kerja kurang lebih selama 13 jam per hari.

Gaji Tukang Parkir Pesawat Terbang

Gaji-Tukang-Parkir-Pesawat-Terbang

Setelah mengetahui apa saja tugas seorang tukang parkir pesawat, pasti sudah terbayang seperti apa beban kerja yang mereka tanggung. Sebabnya, gaji mereka tidak bisa dianggap remeh, mereka layak mendapatkan gaji yang setimpal dengan tugas yang dilakukannya.

Untuk gaji tukang parkir pesawat di beberapa negara lain, pada umumnya berkisar antara Rp500 juta hingga Rp1 miliar per bulan. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri pendapatan tukang parkir pesawat tidak sebesar nilai tersebut.

Besaran gaji mereka dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya aturan pemerintah, keahlian dan pengalaman, dan kebijakan dari pihak maskapai. Gaji tukang parkir pesawat di Indonesia berkisar antara Rp5 juta hingga Rp6 juta per bulannya.

Persyaratan Menjadi Marshaller

Persyaratan-Menjadi-Marshaller

Jika, tertarik menjadi tukang parkir pesawat ada beberapa hal yang harus dipenuhi, sebagai persyaratannya. Apa saja persyaratan menjadi seorang tukang parkir pesawat? Berikut persyaratan umum menjadi seorang Marshaller: 

  • Pria atau wanita, minimal berusia 18 tahun dan maksimal 24 Hingga 35 tahun. (Tergantung dari pihak maskapai) 
  • Untuk kandidat pria tinggi badan harus 165 cm hingga 170 cm dan untuk kandidat wanita antara 158 cm hingga 160 cm. 
  • Berat badan ideal, dihitung dengan metode body mass index yaitu metode perbandingan antara berat badan dengan tinggi badan. 
  • Harus memiliki fisik dan psikis yang sehat. 
  • Minimal lulusan SMA, SMK, atau Sederajat. 
  • Memiliki kepribadian yang baik dan penampilan yang menarik. 
  • Dapat berkomunikasi dengan baik. 
  • Harus mengikuti pelatihan khusus yang berhubungan dengan cara membaca sinyal. 

Untuk menjadi kandidat Marshaller,  orang tersebut harus memenuhi semua persyaratan di atas tanpa terkecuali. Bagi penderita mata minus masih diperkenan menjadi jurusan parkir pesawat. 

Baca Juga : Gaji Karyawan PT Wijaya Karya

Dengan catatan kondisi minus pada matanya tidak terlalu parah dan masih dalam batas yang wajar. 

Setelah mengetahui persyaratan umum dan perkiraan besaran gaji tukang parkir pesawat, Anda bisa lebih termotivasi dan bersemangat menjalani seorang Marshaller.