Gaji Karyawan Toko

Mizuhocbk – Menghitung gaji karyawan toko memang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, karyawan yang bekerja membantu Anda mengurus toko juga berhak mendapatkan gaji yang layak. Berkat jasa para karyawan, tugas dan pekerjaan pemilik toko menjadi lebih ringan. 

Meskipun profesi sebagai karyawan toko tidak membutuhkan keahlian khusus, upah yang mereka dapatkan harus sesuai dengan kinerja mereka.

Terutama pada toko-toko besar yang memiliki produktivitas tinggi.  Berikut ini akan membahas cara menghitung dan menentukan upah karyawan. 

Cara Menghitung dan Menentukan Gaji Karyawan Toko

Cara Menghitung dan Menentukan Gaji Karyawan Toko

Untuk menghitung besaran gaji atau upah karyawan toko pada umumnya terdapat dua metode yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah metode perhitungan menggunakan upah per jam dan perhitungan menggunakan upah jumlah hari kerja.

1. Metode Perhitungan Upah Per Jam

Metode-Perhitungan-Upah-Per-Jam

Selain, harus mengetahui cara menghitung dan menentukan gaji yang tepat untuk para karyawan. Sebagai atasan Anda juga harus mengetahui komponen apa saja dalam menentukan besaran gaji karyawan tiap bulannya. 

Berikut ini rincian mengenai metode perhitungan gaji karyawan dengan benar: 

Metode dengan Perhitungan Upah Per Jam Karyawan Toko

Rumus perhitungan gaji karyawan berdasarkan Kemenetrans No. KEP. 102/MEN/VI/2004 yaitu seperti berikut ini: 

Upah per jam : 1/173 x upah per bulan = nilai gaji karyawan

Lalu dari mana angka 173 dalam rumus perhitungan gaji karyawan di atas? Angka 173 diperoleh dari rata-rata jumlah jam kerja karyawan di Indonesia setiap bulannya. 

Seperti yang telah kita ketahui, dalam satu tahun terbagi menjadi 52 minggu dan dalam sebulan terbagi 4,3 minggu. Jadi, karyawan yang bekerja di toko selama satu minggu kurang lebih selama 40 jam. 

Jadi, total jumlah jam kerja karyawan toko selama satu bulan adalah 173 jam yang didapatkan dari perhitungan berikut: 

40 jam x 4,33 minggu = 173,3 (dibulatkan menjadi 173) 

Perhitungan tersebut juga digunakan dalam menghitung jumlah uang lembur karyawan toko. Agar Anda lebih paham lagi dengan metode perhitungan menggunakan upah per jam, berikut ini contoh perhitungannya: 

Contoh: 

Amin baru mulai bekerja di Toko Sumber Jaya pada 15 November 2021 dengan 8 jam kerja per hari dan saat penandatanganan kontrak kerja gaji yang disepakati adalah sebesar Rp3.500.000 per bulan. 

Jika, ingin menghitung besaran gaji pertama yang akan diterima Amin pada periode kerja mulai dari 30 November hingga 30 November yaitu selama 14 hari kerja, berikut rincian perhitungannya: 

  • Upah per jam: 

1/173 x Rp3.500.000 = Rp20.231

  • Gaji pertama yang akan didapatkan Amin: 

14 x 8 x Rp20.231 = Rp2.265.872

2. Metode Perhitungan Berdasarkan Jumlah Hari Kerja

Metode-Perhitungan-Berdasarkan-Jumlah-Hari-Kerja

Jika, Anda ingin menghitung gaji karyawan toko dengan lebih mudah dan praktis, bisa menggunakan metode perhitungan berdasarkan jumlah hari mereka bekerja. 

Rumus metode perhitungan gaji karyawan satu ini tidak terlalu rumit dan terbilang sangat sederhana dari cara yang pertama. Berikut ini rumus metode perhitungan gaji berdasarkan jumlah hari kerja karyawan: 

(Jumlah hari karyawan masuk kerja :  jumlah hari kerja 1 bulan)  x gaji per bulan = nilai gaji karyawan

Supaya Anda lebih paham lagi dengan metode perhitungan gaji karyawan berdasarkan jumlah hari kerja, berikut ini rincian contoh perhitungan selengkapnya: 

Contoh

Amin baru mulai bekerja di sebuah toko bernama Sumber Jaya mulai tanggal 15 November 2021 dengan kesepakatan gaji sebesar Rp3.500.000 per bulan.

Lalu berapa jumlah gaji yang akan di Terima Amin pada periode kerja mulai dari tanggal 15 hingga 30 November 2021? Berikut ini perhitungan jumlah gaji Amin dengan jumlah periode kerja selama 14 hari kerja tersebut: 

Gaji yang akan diterima Amin: 

14 : 25 x Rp3.500.000 = Rp1.960.000

Jadi, itulah rincian metode perhitungan gaji karyawan yang benar, Anda bisa memilih salah satu metode perhitungan tadi.

Kedua metode perhitungan tersebut sama-sama benar dan bisa digunakan untuk menghitung gaji, baik karyawan toko ataupun pekerjaan part time

Dengan mengetahui metode perhitungan gaji karyawan yang tepat dan benar, bisa membantu Anda secara tidak langsung membangun hubungan baik dengan karyawan. 

Gaji karyawan merupakan hal yang sangat krusial, jadi sebagai atasan yang bertanggung jawab secara penuh terhadap hal tersebut. Anda harus menghitung gaji karyawan toko dengan hati-hati. 

Info Gaji Lainnya :